Sustainable Environment



Pada zaman seperti sekarang ini, isu ataupun berita mengenai lingkungan merupakan salah satu hal global yang menjadi pusat perhatian dan topik pembicaraan bagi seluruh negara di dunia. Kerusakan lingkungan yang semakin parah dan tidak terkendali saat ini telah mengacaukan berbagai sistem dan siklus yang terdapat di alam, seperti siklus karbon, hidrogen, fosfor, dan lain sebagainya. Hal tersebut kemudian memicu terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir dan tanah longsor; pemanasan global; polusi udara; serta polusi air dan tanah. Bila semua itu terus terjadi, maka hal tersebut tentunya akan menjadi ancaman serius bagi kehidupan kita.

Selain itu, kita menyadari bahwa alam merupakan aset berharga yang keberadaannya mesti terus dijaga dan dipelihara. Ia merupakan investasi masa depan kehidupan manusia dan merupakan sesuatu yang akan kita wariskan kepada generasi selanjutnya. Karena itu dibutuhkan berbagai upaya dan tindakan untuk menjaga keseimbangan alam dan lingkungan agar keadaan bumi kita menjadi lebih baik ke depannya dan itu semua menjadi kewajiban dan tanggung jawab seluruh penduduk bumi.

Lalu apa yang bisa kita lakukan ?

Banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk berkonstribusi agar bumi kita menjadi lebih baik ke depannya. Banyak pula hal yang dapat kita sumbangsihkan atau kita berikan, yaitu melalui kegiatan kita sehari-hari baik dalam dunia pekerjaan, dunia pendidikan, ataupun di dalam kehidupan berumah tangga.

Contohnya saja kurangi konsumsi yang tak diperlukan dan berlebihan seperti konsumsi energi, air, kertas, makanan, dan barang-barang lainnya. Karena dengan kita mengurangi tingkat konsumsi kita sebenarnya sangat bersumbangsih besar untuk menekan laju produksi yang berlebihan. Lalu jangan malu untuk tetap menggunakan barang-barang yang masih efisien digunakan sebelum membeli yang baru. Serta turut serta dalam proses recycling dunia melalui ikut serta dalam memisahkan limbah organik dan organik ketika membuang sampah. Mulailah dari diri sendiri dan banggalah terhadap konstribusi anda terhadap dunia.

Selain itu, untuk yang memiliki kemampuan mendesain dan bekerja dalam industri atau memiliki profesi yang berhubungan dengan desain, diharapkan untuk dapat lebih banyak ikut serta dalam menyediakan desain yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Aspek lingkungan hendaknya menjadi salah satu titik berat desain dengan mengefisiensikan energi untuk operasi, mengurangi konsumsi air, dan merencanakan untuk menjaga daya dukung lingkungan yang berkelanjutan dalam sistem operasinya. Contohnya adalah dengan menggunakan sistem inverter dalam penggunaan energi listrik, merencanakan daya tertinggi dan daya terendah untuk penggunaan bahan bakar dan energi listrik, meminimalkan penggunaan sumber air tanah sebagai sumber daya produksi.

Ditambah lagi, gunakanlah air permukaan terlebih dahulu seperti air sungai atau air hujan. Memanen air hujan sangat disarankan untuk ketersediaan air bersih sebagai tindakan untuk meminimalkan penggunaan air tanah dan jangan lupa untuk menjaga agar limbah sisa yang akan dibuang, aman dan ramah untuk lingkungan.

Sumber : http://biotechnoworld.wordpress.com dan http://b3.pstalmizan.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: